banner

banner

Kepulauan Togean, Ampana


Kepulauan Togean dengan keindahan alamnya yang eksotis merupakan salah satu permata yang menjadi primadona Sulawesi Tengah. Dan di tempat ini pula akan diselenggaran sebuah event internasional yaitu Sail Tomini 2014.
Kekayaan biota bawah lautnya menjadi magnet yang sangat memikat. Di Kepulauan Togean ini tumbuh 4 ragam tipe trumbu karang yaitu: Karang Penghalang (Barrier Reef), Karang Tompuk (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef) dan Karang Cincin (Atol). Ada35 spesies ikan kupu-kupu yang hidup disekitarnhya yang menjadi indikator bahwa trumbu karang di daerah ini masih sehat dan alami.
Kepulauan Togean merupakan gugusan pulau-pulau yang ditumbuhi hutan tropis yang terdiri dari sekitar 6 pulau besar dan sekitar 60 pulau kecil yang terbentang hampir sepanjang 90 km. Di Kepulauan Togean ini pula tumbuh sekitar 33 jenis mangrove yang terdiri dari 19 jenis mangrove sejati (true mangrove) dan 14 jenis mangrove ikutan (associate mangrove). Daerah daratan Kepulauan Togean juga dihuni oleh hewan-hewan endemik Sulawesi yang dilindungi.
Salah satu pulau yang menjadi pilihan dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pulau Kadidiri. Pulau Kadidiri berbentuk gugusan pulau karang dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Disepanjang pulau nampak barisan trumbu karang yang masih alami dengan tubir yang menawan sehingga kawasan ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk melakukan diving dan snorkeling. Tak heran jika pulau ini menjadi tempat yang paling banyak menyita perhatian para wisatawan. Ditambah lagi dengan tersedianya fasilitas akomodasi di pulau ini yang dilengkapi dengan fasilitas penyewaan peralatan renang dan menyelam dengan harga yang terjangkau. Bagi para wisatawan yang berkeinginan mengikuti kursus menyelam, di pulau ini juga tersedia beberapa penginapan yang menyediakan tenaga-tenaga instruktur yang berpengalaman.
Perjalanan menuju Kepulauan Togean dapat ditempuh melalui jalur darat dari Kota Palu ke Ampana berjarak 375 kmm kemudian dilanjutkan dengan menempuh jalur laut dari kota Ampana menuju Wakai dengan menempuh perjalanan selama 4-5 jam.
Sumber : palugate.com

Black Marlin Dive & Resort (sumber instagram @Syarif_x4)

sumber instagram @Vancristianginting

Pulau Papan (sumber instagram @Sandersonambela)

sumber instagram @Holimanchandra

 
Black Marlin Dive & Resort (sumber instagram @Mithonk)

sumber instagram @Syamsu alam togean
sumber instagram @Firda_za
Kadidiri Island (sumber instagram @Harikuhariini )

sumber instagram @Stormich

sumber instagram @Irkaark